NATURAL GLIO

Rp 25.500,00
  
Natural GLIO adalah pengendali penyakit alami yang berbahan aktif Gliocladium sp. dan Trichoderma sp. yang merupakan suatu jenis cendawan (jamur multiseluler) yang dapat membantu petani menanggulangi beberapa penyakit tanaman. Fungsinya sebagai agensia antagonis (penghambatan) terhadap beberapa jenis penyakit tanaman. Gliocladium sp. sangat berperan dalam pengendalian biologis patogen-patogen penyebab penyakit yang merugikan dalam tanah. Mekanisme antagonis yang terjadi adalah sebagai berikut :
1. Menghancurkan patogen-patogen penyebab penyakit dari luar (Inokulum) atau mematikan sumber berkembangnya penyakit.
2. Mencegah patogen-patogen penyebab penyakit untuk membentuk koloni (menyatu) clan berkembang kembali dalam tanah.
3. Melindungi perkecambahan biji, dan akar-akar tanaman dari infeksi penyebab penyakit patogen.

Gliocladium sp. dan Trichoderma sp. dapat mematikan, menghambat dan menghancurkan pertumbuhan cendawan patogen dalam tanah yang dapat menyerang tanaman (fungisidal dan fungistatik). Kemampuan ini disebabkan karena Gliocladium sp. mengeluarkan zat antibiotik gliovirin dan viridin.
- Gliovirin merupakan senyawa yang menghambat pertumbuhan beberapa cendawan dan bakteri.
- Viridin dapat menghambat pertumbuhan cendawan.

Natural GLIO mengandung 1015 spora/gram Gliocladium sp. dan Trichoderma sp., sehinggga sangat efektif untuk usaha pengendalian penyakit. Natural GLIO dibuat dalam bentuk serbuk dengan tujuan :
1. Memudahkan pemakaian.
2. Tahan disimpan dalam waktu 3-5 tahun tanpa berkurang efektifitasnya.

APLIKASI PEMAKAIAN NATURAL GLIO
Natural GLIO sebanyak 100 gr dapat dicampurkan ke dalam 25 kg pupuk kandang matang, kemudian disebarkan secara merata di lahan. Akan lebih balk apabila didiamkan selama 1minggu supaya populasi Natural GLIO berkembang lebih banyak. Aplikasi yang paling tepat adalah digunakan pada saat pemupukan dasar dengan pupuk kandang sebagai pengendalian secara preventif.
Catatan : Apabila tanaman sudah terserang penyakit maka Natural GLIO tetap dapat digunakan untuk melokalisir serangan.

Jenis penyakit yang dapat dikendalikan adalah penyakit yang terbawa biji atau terbawa tanah, contohnya: penyakit Rebah Semai (Dumping Off) yang disebabkan oleh cendawan Pythium sp. dan Rizoctonia sp. penyakit Layu pada lombok, kentang, tomat, tembakau, dll. yang disebabkan oleh jamur Fusarium sp. dan bakteri Pseudomonas sp.

Related product you might see:

Share this product :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. GUDANG NASA - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger